Manfaat dan Fasilitas di Perpustakaan Merdeka

Di perpustakan banyak sekali hal yang menarik. Selain perpustakan ini dibuat untuk para siswa yang gemar membaca atau pun hanya sekedar santai-santai. Minat pembaca sangatlah kurang di Indonesia. Dengan adanya perpustaka merdeka yang menyediakan banyak buku seprti novel yang sangat digemari oleh kalangan remaja. menciptakan banyak nya peluang untuk gemar membaca semakin meningkat.

Manfaat Adanya Perpustakaan Merdeka Di Sekolah :

1.     Menambah banyak wawasan dan ilmu pengetahua tidak hanya pada mapel tertetu saja. Bisa tentang kehidupan, cerita fiksi ,sejarah dll.

2.     Menyediakan banyak literature bagi siswa  yang bias membuat suatu kreativitas yang mengedukasi dan bermanfaat.

3.     Menciptakan ide dan referensi bagi siswa maupun para guru.

4.     Sebagai tempat rekreasi karena di perpustakaan meyediakan mainan edukasi anak-anak dan tempat nya nyaman.

5.     Sebagai tempat pembelajaran karena dilengkapi dengan lacd, tv dan computer.

6.      Bisa untuk tempat mengerjakan tugas. 

Fasilitas Yang Disediakan Di Perpustakan :

1.      Adanya layanan sirkulasi. Pelayanan yang disediakan perpustakaan untuk peminjaman dan pengembalian koleksi buku yang akan dibaca, dipinjam dan digunakan oleh pengguna luar perpustakaan.

2.      Peminjaman dan pengembalian buku.

3.      Layanan pembelajaran. Dimana diperbolehkan dilakukan pembelajaran di dalam perpustaakan dengan seizing kepala perpustakaan.

4.      Layanan disabilitas. Adanya kewajiban perpustakaan yang bersifat adil dan tidak diskriminatif, perpustakaan yang harus memenuhi layanan untuk mempermudah para pengguna perpustakaan disabilitas

5.      Layanan majalah. Majalah di perpustakaan Dapat dipinjamkan, dibaca, difotokopi dan dibawa pulang

6.      Layanan referansi. Layanan ini penting karena membantu menemukan informasi dan koleksi yang diperlukan oleh pengunjung.

7.      Layanan koleksi umum. Hal ini untuk memenuhi pemustaka yang banyak ragamya.

8.      Layanan literasi digital. Hal ini suda familiar karena mempercepat penyebaran informasi melalui jaringan internet dan memberi akses siapa saja yang mencari tahu tentang informasi. 

Kesimpulan :

Perpustakan sangat membantu dalam meningkatkan literasi bagi siswa. Sekolah memiliki peran penting dalam mempersiapkan generasi mendatang untuk sukses dalam mengenal lebih dalam tentang dunia. Dengan memperhatikan pentingnya keterampilan membaca di masa yang akan datang.

Galeri Artikel